Jenis kabel UTP dan Fungsinya

Meskipun jenis kabel UTP semua terlihat sama, tetapi terdapat perbedaan diantara kabel UTP tersebut.
Kabel UTP menggunakan satu set dari empat kabel twisted pair dan sepasang konektor RJ 45.
Kabel UTP termaksud perangkat keras jaringan komputer, peredaan antara berbagai jenis kabel UTP adalah jenis kawat yang digunakan.Penggunaan kabel yang tepat sangat mempengaruhi kecepatan internet..




                   -JENIS KABEL UTP DAN FUNGSI KABEL UTP-


1. Kabel UTP kategori 3,atau cat 3. Merupakan iterasi lebih tua dari kabel UTP yang terbatas pada 10 mbps (Megabit per detik). Cat 3 tidak banyak digunakan untuk VOIP (Voice-Over Internet Protocol) dan solusi suara lainnya. Kabel cat 3 memiliki masalah dengan croos-talk dan gangguan, dan dengan cepat digantikan dengan kabel  kualitas tinggi sebagai standar.

2. Kabel UTP jenis cat adalah penerus cat 3 kabel, cat 5 memungkinkan untuk 10/100 mbps koneksi ethernet. Cara kabel dibungkus berubah dari cat 3 sampe cat 5 untuk tidak mengizinkan karena banyak lekukan per kaki, hal ini mengurangi jumlah gangguan.

3. Kabel UTP jenis cat 5e, adalah versi yang disempurnakan dari cat 5 kabel, cat 5e akan memungkinkan untuk 10/100/1, 000 mbps koneksi ethernet. gigabit ethernet (1.000 mbps) secara luas digunakan pada aplikasi bisnis karena harga yang lebih rendah dibandingkan kabel akhir yang lebih tinggi, cat 5e adalah jenis yang paling umum dari kabel dijual ditoko-toko. Kebanyakan kabel prebuilt akan desain cat 5e

4. Kabel UTP jenis cat 6, kabel sangat mirip dengan cat 5e namun tidak populer, Kecuali jaringan berjalan dengan kecepatan penuh, cat 6 kabel tidak akan menunjukkan banyak manfaat melalui kabel cat 5e. Cat 6 kabel memiliki kabel tebal dari cat 53 tetapi dibuat dengan cara yang sama.

5. Kabel UTP Croosover, Pada kebanyakan kabel UTP anda akan menemukan yang standar, kabel straight-through. setiap ujung kanel akan identik satu sama lain. kabel crossover tampak hampir sama dengan kabel UTP standar, tapi urutan kabel didalamnya yang berbeda, kabel yang digunakan untuk cross jaringan hub atau router dan menghubungkan satu perangkat secara langsung keyang lain. kabel crossover tidak dapat digunakan di tempat kabel UTP standar.


                                             ---SELESAI---

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

"Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

animasi blog
Dari : Situs Alfi

Popular Posts

Pengunjung

Electricity Lightning